Pengertian dan Definisi Pemasaran
Sebuah usaha tidak pernah bisa lepas dari yang namanya pemasaran. Untuk
mencapai sukses dalam berbisnis, pemasaran yang kita lakukan harus bisa
memaksimalkan penjualan yang menguntungkan dalam jangka panjang. Sebuah sistem
bisnis harus berorientasi pada pasar atau konsumen. Sehingga pembeli harus
dilayani dengan sebaik-baiknya agar bersedia membeli kembali produk-produk yang
kita hasilkan. Pemasaran erupakan suatu proses usaha yang dinamis sebagai
proses keseluruhan yang terintegrasi.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi pemasaran:
# Philip Kotler
Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang dilakukan oleh seseorang
atau kelompok untuk memperoleh yang mereka butuhkan dan inginkan melalui
penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.
# Jeffrey J. Fox
Pemasaran adalah mengidentifikasi, menarik, mendapatkan, dan memelihara
konsumen yang baik sehingga memperoleh keuntungan
# American Marketing Association (AMA)
Marketing is an organizational function and a set of processes for creating
communicating, and delivering value to customers and for managing customer
relationship in ways that benefit the organization and its stakeholders
Pemasaran adalah suatu fungsi perusahaan dan serangkaian proses
untuk menciptakan, mengomunisasikan, dan memberikan nilai ke pelanggan serta
mengelola hubungan pelanggan yang memberikan manfaat bagi perusahaan dan
pihak-pihak yang berkepentingan
# Mark Plus & Co
Pemasaran adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses
penciptaan, penawaran, dan perubahan values dari satu inisiator kepada
stakeholders-nya
Sumber : http://munir.students.perbanas.ac.id/2012/12/05/87/